Cara Menggunakan Instagram Reels

Share
Comment 0 reply
Cara Menggunakan Instagram Reels
Loading...

Sebagai salah satu raksasa media sosial modern, Instagram terus berinovasi menghadirkan fitur-fitur baru yang seru bagi para penggunanya. Dan fitur teranyar dari platform berbagi foto dan video ini adalah Reels.

Instagram Reels sudah digulirkan di lebih dari 50 negara pada bulan Agustus 2020 lalu. Akan tetapi, kita, pengguna yang ada di Indonesia baru bisa menikmati fitur mirip TikTok ini pada tanggal 24 Juni 2021 kemarin.

Nah, lantas bagaimana sih cara menggunakan Instagram Reels ini?

Simak selengkapnya berikut ini!

Cara Menggunakan Instagram Reels

Melansir dari laman resmi Instagram Business, ada 4 tahap dalam menggunakan Reels, yaitu:

1. Temukan Letak Fitur Instagram Reels

Langkah pertama adalah dengan menemukan lokasi dari fitur IG Reels itu sendiri. Hadirnya Instagram Reels membawa satu tab explore baru, yaitu tab explore (discover) Reels itu sendiri yang terletak di tombol tengah bagian bawah layar dengan ikon seperti klip kamera. Disini kamu dapat menemukan video-video menarik dari pengguna Instagram lain.

Ketika kamu mengetuk tombol tersebut maka kamu akan dibawa ke laman explore Reels. Di laman inilah kamu juga bisa langsung membuat Reels dengan mengetuk ikon kamera yang ada di pojok kanan atas.

Selanjutnya, selain melalui laman explore Reels, kamu juga bisa mengakses Reels melalui tombol + yang ada di bagian kanan atas layar, tepatnya di sebelah tombol love.

Dan cara terakhir untuk mengakses Reels adalah melalui Instagram Story. Swipe layar ke kanan untuk membuka kamera seperti saat kamu ingin membuat InstaStory, lalu akan muncul beberapa pilihan di bagian bawah layar. Geser ke kanan dan pilihlah Reels yang tepat berada setelah pilihan Cerita.

Jadi, ada 3 cara dalam menemukan fitur Instagram Reels, yakni:

  • Laman explore Reels
  • Tombol +
  • InstaStory

Silakan pilih salah satu dari ketiga cara di atas untuk mengakses Reels dan melanjutkan ke langkah berikutnya.

2. Pilih Durasi Reels dan Gunakan Fitur Editing untuk Berkreasi

Setelah mengakses Reels di langkah sebelumnya, maka kamu akan dihadapkan ke layar membuat dan mengedit Reels seperti gambar berikut.

Di sini tersedia beberapa alat atau fitur editing untuk menunjang kreativitas sebelum kamu memulai merekam Reels.

Berikut daftar fitur editing yang bisa digunakan:

  • Audio: Fitur ini memungkinkan kamu untuk menambahkan musik populer dari perpustakaan Instagram Music. Kamu bisa memilih musik dari penyanyi favorit kamu baik dari dalam negeri maupun luar negeri. Atau kamu juga bisa menggunakan audio kamu sendiri dengan merekamnya langsung menggunakan Reels. Nantinya, kalau kamu menggunakan akun publik maka audio kamu ini juga bisa dibagikan dan digunakan oleh orang lain.
  • Durasi: Tentukan seberapa lama durasi Reels yang ingin kamu buat. Di sini ada dua pilihan durasi, yaitu 15 detik dan 30 detik.
  • Kecepatan: Pilih apakah kamu ingin mempercepat atau memperlambat baik semua maupun beberapa bagian dari video atau audio Reels kamu. Fitur ini akan membantu kamu untuk tetap bisa mengikuti beat atau membuat video Reels slow-mo.
  • Efek AR: Pilihlah satu dari banyak efek AR yang disediakan baik oleh Instagram itu sendiri maupun efek buatan pengguna dari seluruh dunia. Kamu bisa merekam beberapa klip video dengan efek yang berbeda.
  • Sempurnakan Riasan: Ini adalah fitur percantik wajah otomatis. Kalau kamu merekam Reels menggunakan kamera depan dan menampilkan wajah, maka kamu bisa mengaktifkan fitur ini untuk mempercantik dan memperhalus penampilan kamu.
  • Tata Letak Video: Aktifkan fitur ini untuk merekam video dengan beberapa pilihan tata letak atau grid yang berbeda.
  • Penunjuk Waktu: Lebih dikenal dengan istilah timer. Aktifkan fitur ini dan ketika kamu menekan tombol rekam, timer di layar akan muncul sebelum Reels mulai merekam.

Manfaatkan lah semua fitur editing di atas untuk membuat Reels yang unik dan kreatif.

3. Mulai Merekam Reels

Langkah selanjutnya adalah mulai merekam video Instagram Reels. Tekan tombol bulat yang ada di bagian bawah layar untuk memulai perekaman. Reels mendukung serangkaian klip sekaligus, setelah menekan tombol rekam, tekan lagi tombol tersebut untuk berhenti merekam dan melanjutkan ke klip selanjutnya.

Terdapat kesalahan setelah selesai merekam? Jangan khawatir karena kamu masih bisa kembali merekam lagi, kamu juga bisa memotong, atau menghapus klip sebelumnya.

Atau, kamu juga bisa mengunggah video yang sudah ada di galeri HP kamu. Misalnya, dulu kamu sudah pernah download video TikTok lalu sekarang ingin mengunggahnya di Instagram Reels. Hal tersebut tentunya bisa kamu lakukan!

Akan tetapi, biasanya video yang disimpan dari TikTok akan mengandung watermark. Hal ini berlawanan jika kamu ingin video Reels kamu tersebut nantinya dapat ditemukan di tab explore Reels. Pasalnya, menyadur dari keterangan resmi Instagram via @creators, video yang diposting ulang dari aplikasi lain dan mengandung watermark, akan memiliki visibilitas yang lebih sedikit.

Oleh karena itu, apabila kamu ingin memposting video yang diperoleh dari aplikasi lain maka hilangkanlah watermarknya terlebih dahulu.

4. Posting Reels Kamu

Dan langkah terakhir dalam cara menggunakan Instagram Reels adalah dengan mempostingnya! Pilih gambar sampul Reels kamu, tulis caption, tambahkan hashtag, dan tag teman kamu jika perlu.

Setelah menekan tombol posting, maka jika akun kamu adalah akun publik, Reels kamu berpeluang untuk ditemukan di tab Reels dan dilihat oleh lebih banyak pengguna Instagram dari seluruh dunia. Bukan tidak mungkin lho kamu juga bisa viral gara-gara Reels ini!


Ide Konten untuk Instagram Reels

Setelah membaca empat langkah di atas, tentu kamu tidak akan kebingungan lagi dengan cara menggunakan Instagram Reels. Akan tetapi, kamu mungkin akan kebingungan memikirkan konten seperti apa yang akan kamu posting. Benarkan begitu?

Jangan khawatir, karena berikut kami berikan beberapa ide konten untuk membuat Instagram Reels.

  • Aktivitas sehari-hari
  • QnA
  • Review
  • Rekomendasi
  • Traveling
  • Unboxing
  • Before-after penggunaan sesuatu

Kalau kamu menggunakan Instagram Reels untuk bisnis, kamu juga tetap bisa bikin konten kok dengan beberapa ide konten bisnis Reels berikut:

  • Behind the scenes
  • Packaging product
  • Sneak-peek product
  • Tutorial penggunaan produk

Nah itulah pembahasan kali ini tentang cara menggunakan Instagram Reels dan ide kontennya.

Buatlah konten sekreatif mungkin dan upload secara konsisten, niscaya cepat atau lambat akun kamu akan semakin besar dan berpeluang muncul di laman explore Reels.

X CLOSE
Advertisements
ADVERTISEMENT
X CLOSE
Artikel Lainnya
Mungkin kamu juga suka artikel ini.